Sorry, Kurikulum 2013 Hanya untuk SD Akreditasi A dan B

22 Feb

LENSAINDONESIA.COM: Kebijakan pemerintah yang akan memberlakukan kurikulum baru 2013 hanya untuk sekolah dasar yang terakreditasi A dan B dinilai tidak adil. Hal tersebut ditegaskan oleh Sekjend Nasional Education Watch (NEM) Juner Supangkar.
Nilai keadilan dalam dunia pendidikan akan tercederai dengan diberlakukannya kebijakan tersebut. Jika pemerintah memang ngotot memberlakukan kurikulum baru pada tahun ajaran baru Juli mendatang, maka semua sekolah sudah harus merasakannya.
Baca juga: Kemana Nasib Dana RSBI yang Sudah Dianggarkan? dan Soal Kurikulum, Kemendikbud Bisa Contoh Malaysia
“Tidak boleh membeda-bedakan sekolah yang mengarah pada kesenjangan dunia pendidikan,” ujarnya kepada LICOM, Kamis (21/02/2013).
Hal ini semakin memperjelas bahwa ada yang tak beres dengan kurikulum baru. Kesenjangan yang akan terjadi dengan kebijakan tersebut akan sama persis dengan kesenjangan yang pernah terjadi di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), yang sudah dibubarkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).
“Pendidikan itu seharusnya mensamaratakan perbedaan dengan nilainya yang luhur, bukan malah membeda-bedakan
seperti ini,” tegasnya.
Sebelumnya, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim menyatakan, kurikulum 2013 pada jenjang SD hanya akan diterapkan di SD berakreditasi A dan B pada tahun 2013.
Adapun SD berakreditasi C akan menerapkan kurikulum baru tersebut mulai tahun 2014. Pertimbangan pemilihan sekolah berakreditasi A dan B didasari atas kesiapan sekolah tersebut dari sisi akreditasi, ketersediaan guru, dan sarana prasarana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: